Rabu, 11 November 2015

Wana Wisata Tanjung Papuma



Wana Wisata Tanjung Papuma yang luasnya 25,0 Ha terletak di desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur, selain memiliki pesona keindahan pantai juga ditemukan keindahan alam perbukitan dengan anekaragam jenis Flora dan Fauna, sehingga mendapat julukan Surga di Balik Bukit. Sebelum masuk ke pantai, kita akan melewati hutan Jati, jajaran pohon Palem, pohon Serut, dll, dan jarak tempuh dari Kota Jember ke Pantai Tanjung Papuma ± 38 km.  Papuma adalah singkatan dari Pasir Putih Malikan, yang artinya pantai pasir putih dengan hamparan batu-batu yang bila diterjang ombak menjadi terberai membalik.

Wana Wisata Pantai Tanjung Papuma yang mempunyai pesona pasir putih juga memiliki Wisata Sejarah berupa peninggalan Gua Jepang ; Wisata Legenda berupa Gua Lawa (dapat didatangi saat air surut dan menurut legenda adalah tempat bersemayam putri penguasa Pantai Selatan bernama Dewi Sri Wulan dan tempat bertapa Kyai Mataram) ; Wisata Edukasi berupa paket Animal Watching dan Identifikasi Tanaman, Wisata Outdoor Activity seperti Outbound, Gathering, Camping, Adventure, dll serta dapat menginap di Foresta Resort Tanjung Papuma yang mempunyai kapasitas 18 kamar dengan harga sewa mulai dari Rp 200 ribu/ nett.

Pantai Tanjung Papuma yang merupakan salah satu pantai sangat unik nan eksotis di Indonesia memiliki suhu 25-30 derajat celcius dan berada di Pantai Selatan Jawa Timur ini, hampir sekelas dengan Pantai Kuta Bali. Terdapat 7 Batu karang yang sangat besar di papuma ini dan diberi nama tokoh pewayangan seperti.Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang dan Pulau Kodok.



Untuk dapat menyaksikan panorama Wana Wisata Tanjung Papuma, kita bisa naik ke sebuah bukit karang tinggi di salah satu sisi pantai berupa gardu pandang yang diberi nama Siti Hinggil (artinya dataran tinggi) . Untuk mencapai gardu pandang untuk pengunjung tersebut, telah disediakan tangga dan jalan setapak khusus sampai ke puncak bukit karang ini.



Pemandangan di pantai Tanjung Papuma masih sangat alami dan belum banyak tercemar sehingga banyak wisatawan domestic dan Mancanegara yang datang kesini untuk melihat panorama alam nan eksotis dan mempesona. Selain melihat jajaran batu karang, para nelayan yang sedang menangkap ikan, dan menikmati makanan khas ikan bakar, cumi, udang, lobster dan gurita dengan bumbu ala Papuma, kita juga dapat menyaksikan panorama matahari terbenam ( sunset ) semakin menambah kesempurnaan keindahan suasana pantai  Tanjung Papuma.